Menu Close

Podcast Spesial PMI “Menolong Sepenuh Hati”

Kemeriahan Peringatan HUT PMI ke-78 kali ini juga disemarakkan melalui podcast bersama PMI yang disiarkan langsung oleh Radio Suara Kota Wali (RSKW) dan dapat disaksikan secara live melalui kanal YouTube Suara Kota Wali Channel yang tayang pukul 13.30 – 14.30 Wib, 29 September 2023.

Podcast yang mengangkat tema menolong sepenuh hati dipandu oleh Nikhita Ari dengan Narasumber Ketua PMI Akhmad Sugiharto, Wakil ketua PMI Haris Wahyudi Ridwan dan Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Agus Nugroho LP.

Ketua PMI, Akhmad Sugiharto dalam podcast menyampaikan bahwa memaknai menolong sepenuh hati merupakan momentum pengingat untuk melakukan kegiatan tanpa pamrih, menolong tanpa membeda-bedakan. Saat ini PMI berusaha untuk terus menjalin koordinasi dan berkolaborasi dengan BPBD yang merupakan badan milik pemerintah sebagai koordinator semua tim yang bergerak dibidang kebencanaan.

“tidak hanya tentang itu, kami ingin memaksimalkan Bank Darah, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang membutuhkan darah, sehingga tidak perlu mencari darah ke kabupaten atau kota yang lain, namun hal itu bisa kita capai jika masyarakat mau dengan sukarela berdonor darah datang ke PMI serta kami akan memaksimalkan dengan bersinergi menjemput bola ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Demak” imbuhnya

Wakil Ketua PMI, Haris juga menambahkan bahwa “menolong berasal dari diri sendiri kemudian memperhatikan kondisi sekitar kemudian memutuskan untuk memilih mana yang didahulukan. Salah satu penguat yang ada di PMI ini adalah relawan”

Tercatat ada 119 orang dari unsur PMR Mula, 703 orang dari unsur PMR Madya dan 824 orang dari unsur PMR Wira, selanjutnya ada 80 orang dari unsur Korp Sukarelawan (KSR), 385 orang dari unsur Tenaga Sukarelawan (TSR) dan terakhir ada 186 orang dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang tersebar di wilayah Kabupaten Demak.

“informasi untuk bergabung menjadi relawan PMI bisa di lihat dari media sosial, Web dan lainnya. Perekrutan dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran termasuk domisili tinggal kemudian calon relawan akan mengikuti orientasi kepalangmerahan dan saat pelayanan penanggulangan bencana dan tanggap darurat benca bersama kita membantu, siap siaga”

Sementara itu, Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Agus Nugroho LP menyampaikan potensi kekeringan hampir merata di semua wilayah di Kabupaten Demak, sampai saat ini BPBD masih melakukan dropping air bersih di 74 desa dari 13 Kecamatan. Tercatat setiap desa menerima kurang lebih 20 tangki air bersih.

Total distribusi air bersih saat ini sudah 682 tangki tersalurkan ke warga, sementara pemkab hanya menyediakan 331 tangki dan sisanya dari donatur termasuk dari PMI.

PMI mendistribusikan bantuan air bersih didua kecamatan yaitu kecamatan Wedung dan Kecamatan Bonang yang merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan HUT PMI ke-78.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Silahkan hubungi kami