Menu Close

PMI Demak ikuti BIMTEK DREF Kekeringan Tahun 2023

Demak- Melalui microsoft team PMI Pusat bekerjasama dengan IFRC mengadakan kegiatan bimbingan teknis pelaksanaan operasi DREF (Disaster Respons Emergency Fund) kekeringan tahun 2023 selama 3 hari, 9-11 Oktober 2023, Sebanyak 21 PMI provinsi se-Indonesia dan 108 PMI Kabupaten/kota termasuk PMI Demak ikut berpartisipasi dalam kegitan tersebut.

Ada lima materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis operasi DREF meliputi bimbingan teknis keuangan yang membahas tentang cara dan urutan pendanaan mulai dari perencanaan, pembuatan cash request, pengadaan barang dan jasa serta pelaporannya. Selanjutnya ada bimbingan teknis PMER (Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan) materi ini merangkum tentang pengelolaan manajemen data, pemantauan, evaluasi sampai pelaporan kegiatan. Materi PGI (perlindungan gender dan inklusi) dan CEA (Community Engagment dan accountability) menitikberatkan pada etika prioritas penerima manfaat serta pengkajian akuntabilitas keterlibatan masyarakat dalam kegiatan, yang terakhir adalah MHPSS (Mental Health Psycosocial Support) ini erat kaitannya dengan manajemen stres dan kondisi mental petugas DREF selama masa bertugas.

Kepala divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman menuturkan “operasi DREF kekeringan yang dilakukan di PMI Kabupaten/Kota sudah baik dan pendekatan mulai dari tingkat kecamatan bahkan tingkat desa memiliki dampak meningkatankan citra dan PMI akan semakin dikenal oleh masyarakat, kemudian dari semua tingkatan level PMI akan berbagi informasi, terintegrasi dan juga akuntabel, tidak hanya untuk kalangan PMI itu sendiri, tapi juga dengan lembaga donor atau mitra tetapi juga kepada masyarakat tentunya”.

Ridwan Juga berharap,semoga bimbingan teknis DREF kekeringan yang telah dilaksanakan ini bisa berguna dan dapat dimaknai sebagai peningkatan kapasitas individu dan organisasi kita kedepan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Silahkan hubungi kami