Menu Close

RAKOR KESIAPSIAGAAN BANJIR DAN MONEV BULAN DANA PMI

Demak- Senin, 11 Desember 2023, Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Demak Menyelengggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Menghadapi Musim Penghujan, Pemaksimalan Pelayanan Donor Darah dan Tindak lanjut pelaksanaan Bulan Dana PMI di aula PMI Demak, Jln. Bhayangkara Baru NO. 03, Demak. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PMI Demak, Akhmad Sugiharto, ST, MT, Seluruh Pengurus PMI Demak dan perwakilan Pengurus PMI Kecamatan se- kabupaten Demak sebanyak 14 Orang

Sugiharto Menyampaikan, Rapat koordinasi ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti pelaksanaan bulan dana PMI yang sedang berlangsung selama 1 bulan penuh di Bulan Desember dengan sasaran diberbagai sektor, baik dari penduduk, pelajar, ASN dan Perusahaan.

“Dana yang sudah terkumpul di PMI masih belum maksimal. dari di dinas, sekolah, perusahaan dan jasa kontruksi juga belum mengumpulkan ke kita, dan kami meminta panjenengan semua untuk memaksimal pengumpulan bulan dana di desa-desa, korwil untuk sekolah dasar meskipun di tahun ini memang tidak ada target seperti tahun-tahun sebelumnya”

Lebih lanjut, terkait dengan Pendirian Posko Penanggulangan Bencana, Sugiharto menyampaikan bahwa sampai saat ini intensitas hujan di wilayah Demak belum tinggi sehingga pendirian posko Bencana masih bisa menyesuaikan kondisi. Tindakan yang penting saat ini adalah menyiapkan dan memeriksa seluruh perlengkapan serta armada yang ada di PMI.

“Kemarin sudah disiagakan Relawan Oleh Pak Mulyanto, selaku pengurus Bidang penanggulangan bencan, hanya saran saya jangan membuka posko terlebih dahulu, nanti melihat kondisi yang ada, termasuk yang ada di kecamatan juga, kita ketahui bersama intensitas hujan juga belum tinggi, dan sampai saat ini hanya ada 1 tanggul yang jebol di Krandon, semoga tidak terjadi untuk daerah lainnya”

Sugiharto Juga menyampaikan tentang pelayanan Donor Darah di PMI Demak masih jauh dari harapan dan mendapatkan penilaian cukup rendah di Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Bahkan beberapa kali PMI Demak sempat membeli darah dari PMI Kabupaten Kota yang lain

“Banyak keluhan dari para pendonor setelah melakukan donor itu pusing turun tangga karena posisi pelayanan donor darah yang berada di laintai dua, usulan dalam waktu dekat akan kita pindah kelantai dasar, sehingga role PMI lebih condong ke hal tentang darah bisa kita maksimalkan, sehingga pendonor tidak lagi sukar. Sampai saat ini kita masih membeli darah dari PMI kabupaten kota yang lain, di PMI Blora sebanyak 1040 kantong kita beli dari sana. Ini menunjukkan betapa banyaknya kebutuhan darah di Demak dan kurangnya stock darah yang ada di PMI Demak. Karena itu akan kita akan mengupayakan stok darah di PMI Demak mencukupi dan memperbaiki pelayannya,”

Sugiharto juga menambahkan kepada seluruh pengurus PMI Kabupaten Demak maupun PMI Kecamatan untuk sepenuhnya mencurahkan tenaga kita untuk PMI untuk kemanusiaan, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Silahkan hubungi kami