Menu Close

PMI DEMAK IKUTI PERINGATAN HARI RELAWAN NASIONAL

Demak- Selasa, 26 Desember 2023, Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Demak Menghadiri Peringatan Hari Relawan Nasional yang dipusatkan di PMI Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Pendopo Amangkurat kabupaten Tegal. Acara yang dilaksanakan sejak Hari Senin, 25 Desember 2023 dikemas dengan serangkaian kegiatan Ngobrol Bareng Relawan, Penanaman Pohon , penyerahan Penghargaan Akreditasi Organisasi dan penyerahan penghargaan Lencana Wira Utama kepada relawan serta Lounching Buku panduan manajemen Relawan.

Kegiatan Peringatan Relawan kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla, turut hadir Pengurus PMI Pusat, seluruh Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Pengurus, Kepala markas dan Relawan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Perwakilan 6 PMI Provinsi se-Indonesia dan Bupati Kabupaten Tegal, Umi Azizah serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal.

Dalam sambutannya, Umi Azizah menyampaikan bahwa Relawan PMI sudah sangat bagus dan aktif , tidak ada keraguan dalam berkomitmen untuk kemanusiaan.

“.Relawan PMI Kabupaten Tegal sudah sangat bagus dan aktif,setiap kali ada bencana mereka selalu terdepan. para relawan adalah pejuang kemanusiaan yang hadir karena panggilan jiwa. Tidak perlu diragukan lagi komitmennya dalam membaktikan tenaga, pikiran, dan waktu untuk melakukan upaya pelayanan kemanusiaan terbaik kepada Masyarakat. melalui momentum peringatan Hari Relawan ini, PMI harus terus membangun kemampuan organisasinya dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia-nya.”

Sementara itu, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menyampaikan kepada seluruh jajaran bersiap menghadapi perubahan iklim global, para relawan bisa perperan lewat penghijauan melalui gerakan menanam pohon

“setiap kabupaten kota akan melakukan pembibitan, kemudian setiap relawan akan menanam 10 pohon setiap tahunnya, jadi kira-kira kita bisa menanam 4 juta setiap tahunnya se-Indonesia. Sekarang ini sudah berjalan dan PMI sudah bekerjasama dengan dinas terkait untuk mendukung penghijauan dan penanaman pohon”

Ketua Umum Bidang RelawanPMI Pusat, sasongko Tejdo juga menambahkan “Peringatan Hari Relawan PMI ditetapkan setelah satu tahun pasca Tsunami di Aceh pada tanggal 26 Desember sejak 2005 dan tahun ini diperingati dengan tema Bersatu dalam Kerelawanan sebagai wujud bersatunya semua unsur dan mitra terkait dalam gerakan kemanusaan”

Pada kesempatan ini, sebanyak tujuh PMI provinsi mendapatkan Penghargaan Akreditasi Organisasi, yakni Jawa Tengah, DKI Jakarta, DIY, Banten, Kalimantan Tengah, Bali dan Lampung. Serta penyerahan Lencana Wira Utama untuk delapan Relawan yang telah mengabdikan diri sekurang-kurangnya dua puluh tahun pada kegiatan kepalangmerahan atau mengalami insiden pada saat dimobilisasi yang mengakibatkan mereka tidak bisa berkatifitas kembali atau meninggal dunia.

Mengakhiri kegiatan Peringatan Hari Relwan ini, secara simbolis PMI menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 12.000 liter ke Desa Sasepan Kecamatan balapulang, Kabupaten Tegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Silahkan hubungi kami